Terima kasih telah menyempatkan waktu berkunjung ke www.hasanfendi.blogspot.com, kritik dan saran kalian sangat membantu perkembangan blog sedrhana ini. Contact : HP >> 085311908325[AS] BBM >>

Monday, November 21, 2011

Facebook dan Google Habisi Blogger Indonesia!


1 minggu ini Indonesia sedang dihantam 2 berita buruk dari Facebook dan Google. Bagi kamu yang bukan blogger tentu gaungnya tidak terasa karena mungkin kamu melihat tampilan Facebook biasa-biasa saja, begitupula dengan Google search yang tidak ada bedanya dengan hari-hari kemarin. Tetapi tunggu dulu, Blogger di Indonesia sedang dihantam 2 berita buruk yang bikin merinding disko.

1. Facebook menuntut 2 milyar ke Blogger Indonesia



Sepertinya kasus ini sudah diselesaikan secara baik-baik, tetapi tahukah kamu bahwa seorang Blogger Indonesia dituntut 2 milyar oleh Facebook akibat membuat template blog menyerupai Facebook? berikut beritanya yang gue kutip dari Okezone:

JAKARTA - Facebook menunjuk perwakilan pengacaranya melalui kantor Maulana & Partners untuk melayangkan surat terhadap blogger Ainun Nazieb, yang dianggap telah melakukan pelanggaran hak cipta mengenai themes 'Smells Like Facebook'. Menurut perwakilan kantor tersebut hal itu masih akan dibicarakan.

"Sebelum Ainun datang, kami tidak ingin bicara lebih dalam mengenai masalah ini," kata juru bicara Maulana & Partners Dony Ferdian, saat dihubungi okezone, di Jakarta, Kamis (17/11/2011).

"Kami ingin menyelesaikan masalah ini secara kekeluargaan. Ainun Nazieb bersedia datang ke kantor kami pekan depan," tandasnya.

Awal permasalah ini bermula ketika Nazieb membuat blog pribadi yang beralamat di nazieb.com dan membuat tema blog bernama 'Smells Like Facebook' yang mirip dengan tampilan Facebook versi pertama.

"Awalnya saya iseng saja untuk membuat tema blog saya mirip tampilan Facebook. Sampai akhirnya ada beberapa teman yang meminta saya menyediakannya sebagai tema yang bisa dipakai oleh orang banyak karena dinilai menarik. Jujur saya tidak berniat mencari keuntungan, karena saat itu saya hanya berniat share saja," tutur Nazieb.

Nazieb yang masih berkonsultasi dengan kuasa hukumnya mengenai masalah yang sedang dihadapinya saat ini. menjelaskan beberapa poin yang dituntut oleh pihak Facebook kepada dirinya terkait penggunaan tema blog yang mirip dengan Facebook tersebut.

Upaya yang sedang dilakukan Nazeib saat ini ialah berkonsultasi denga kuasa hukumnya yang disediakan oleh pimpinan perusahaan di mana saat ini dia bekerja. Untuk nantinya memenuhi panggilan pihak Facebook Indonesia pada hari Senin, 21 November atau Rabu, 23 November 2011.

2 Milyar, ini peringatan besar bagi semua Blogger untuk tidak membuat template yang menyerupai situs terkenal, atau lebih baik membuat template buatan sendiri tanpa modifikasi dari template orang.

2. Google Adsense menyapu bersih 80-90% Publisher Indonesia

Beberapa menit yang lalu gue mendapatkan SMS dari kawan yang berisikan bahwa Google Adsense hari ini banyak menyapu bersih publisher. Ya, gue ini juga salah satu Publisher yang baru membangun bisnis kecil di Adsense dan jika didepak berarti habis sudah perjalanan gue. Tetapi sampai saat ini account Google Adsense masih aman (semoga aman sentosa sampe nanti). Yang pasti banyak Blogger yang mengatakan mendapat email dari Google tentang banned di akun Adsensenya, lucunya email banned ini juga dilayangkan ke Blogger yang tidak punya account Adsense. Indonesia memang sering diblacklist akibat cara-cara "hitam" dalam bisnis online dan pemakai cara-cara "bersih" menjadi korbannya.

Jadi, adakah diantara kawan-kawan yang khawatir dengan 2 berita yang lebih mirip badai besar dunia maya ini?

Tetap semangat Ngeblog!
source : http://www.look-j.com/

close
SELAMAT DATANG DI PORTAL PRIBADI HASAN EFENDI,
SUKSES BUAT ANDA HP :085311908325 BB : 554D7243