Saya Hasan Efendi mengucapkan Terima kasih sudah berkenan tengok-tengok blog sederhana ini, kritik dan saran kalian sangat membantu perkembangan blog sederhana ini. Contact : HP/WA >> 0896-3554-9224[Tree]

TIPS FOKUS DALAM BERBISNIS ONLINE

Hmm,, pada postingan kali ini saya ingi berbagi pengalaman saya dalam dunia per-onlinenan :) terutama dari sisi godaan, dan cara mengatasinya.

sebelumnya kita flash back dulu ya, saya serius berbisnis online diawali pertengahan 2010 lalu, tepatnya dibulan agustus 2010. Nah, awal saya terjun ke dunia online saya memilih IM (internet marketing), tak tau kenapa, tapi yang jelas berawal dari googling, 2006, dan keinginan saya untuk bisa memiliki penghasilan kontinue dari Internet (yang notabene kesukaan/hoby saya dari 2006.

Setelah fokus kendor dipertengahan 2008, karena terbentur biaya, dan fasilitas untuk berselancar, saya fakum dari dunia internet, dan tidak jelas saya mau kemana, jadi cuma bisa Facebookan, dan Browsing-browsing gak jelas, :) selain itu juga antara 2006 sampai 2010 akses internet msh agak susah, dan mesti kewarnet dulu.

Disekolahan SD Kuncup Mekar tidak ada internet, dan sayapun belum memiliki laptop pribadi. nah singkat cerita 2010 itu saya nekat beli modem di PRJ seharga sekitar 700an (msh lumayan mahal waktu itu). Jadi sy milih beli modem, ya karena untuk beli laptop dompet saya belum menjangkau hehe..

Dan Alhamdulillah 2011 mulai bisa merasakan sedikit hasil dari Online, waktu itu dari Amazon (tertinggi sekitar $300/bulan, berjalan 3 bulanan)  dan adsense, dan Alhamdulillah 2012 progres semakin baik tidak kurang dari $4000 bisa saya kantongi dari dunia Bisnis Onlie (investasi). Meskipun pertengahan 2013 mulai surut, dan saya mulai memindahkan fokus ke bidang Bisnis Pasar mata uang (valuta asing).

Dibisnis Trading ini saya mulai kurang fokus/konsentrasi, dan setelah saya evaluasi ya benar memang fokus saya kurang full, setelah merenung, saya diingatkan kembali awal-awal merintis jualan produk amazon 2011 saya pernah tiap jam 3 pagi buat sekitar 25-50 video Marketing, dan saya disiplin melaksanakan aturan yang telah saya buat, yakni hanya bersentuhan dengan sosial media, dalam hal ini Facebook, sekali seminggu, hmm.. jika dikenang kenapa bisa ya,, jika diteliti lebih dalam, ya emang tekad kuat untuk sukses didunia Online.

Nah berdasarkan flash back tersebut dapat saya simpulkan bahwa ada beberapa 2 hal yang perlu diperhatikan agak bisa fokus dalam berbisnis Online :

1. Hindari Facebookan yang berlebihan
Disini saya tidak melarang kita berfacebookan, karena dalam  dunia sosmed (sosial media) tidak dipungkiri ada potensi marketingnya.

Tetapi saya lebih menekankan bahwa dalam berselancar didunia sosmed ini jangan sampai memakan waktu yang seharusnya kita pakai untuk promosi, ataupun praktek bisnis Online dengan disiplin. jadi kita harus punya planning/rencana sebelum membuka FB/twitter, kita akan buka apa, promosi apa, waktunya berapa menit, dan wajib disiplin. pengalaman saya dulu ya hilangnya fokus saat tersesat didunia sosmed ini, ketika buka informasi dan rasa penasaran timbul akhirnya ikutan komen gak jelas, sehingga waktu kita habis untuk facebookan saja, ini juga berlaku saat ada link yang kita klik karena rasa penasaran, dan membuat kita tak terkontrol untuk mengeklik link-link berikutnya

2. Buat Perencanaan Dalam Berinternet
Benar, dalam melakukan aktifitas online kita harus punya jadwal. kalau boleh saya bilang, Wajib hukumnya melakukan penjadwalan apa-apa yang mau kita lakukan dalam sekali Online :)

Saya sendiri saat ini, sebelum menyalakan laptop dan melakukan koneksi ke internet dengan modem saya, saya membuat coret-coretan kecil, semacam jadwal dalam melakukan aktifitas Online.

Seperti :

  • Fban cukup 30 menit saja meliputi promosi dan membuat screenshot    analisa pasar mata uang (forex) oleh para senior.


  • Posting Blog, cukup 45 menit, dengan menyertakan konten-konten dan link-link promosi. biasanya sebelum konek ke internet saya mengetik dahulu artikel-artikel yang akan saya publish/posting diblog saya ini.

Dan banyak lagi yang lainnya, dan sebisa mungkin kita patuhi jadwal yang telah kita buat itu, saya sendiri melakukan itungan mundur countdown, setiap kegiatan dengan bantuan hp saya,, setelah hp berbunyi sebagai tanda waktu telah habis, maka saya wajib mengakhirinya, dan kalau belum selesai, saya buat plan lagi untuk diselesaikan lain waktu.

Demikian Tips saya, yang saya ambil dari berbagai pengalaman saya selama ini, semoga bermanfaat, dan Salam sukses buat sahabat semua ! [Mr.HE]

0 komentar:

Silahkan isi komentar..!